Kamis, 11 Juli 2019

Manfaat Bagus Olahraga Renang Bagi Tubuh Manusia

Manfaat olahraga renang untuk kesehatan tubuh. Berenang adalah salah satu olahraga paling populer untuk orang. Begitu banyak keluarga pergi berenang untuk kegiatan dan rekreasi. Selain kesenangan, kami menemukan bahwa berenang memiliki banyak manfaat kesehatan. Bagi yang suka berenang, bersyukurlah karena olahraga ini adalah salah satu olahraga yang paling bermanfaat bagi tubuh. Di sini kami menawarkan manfaat berenang yang jarang diketahui.


Pernafasan


Tingkat kelembaban di kolam jauh lebih tinggi daripada di tempat lain. Kelembaban yang tinggi di kolam renang memudahkan orang untuk bernapas dan cocok untuk asma. Penelitian menunjukkan bahwa berenang teratur sangat bermanfaat bagi penderita asma dan mengurangi gejala asma bahkan setelah berhenti dari rutinitas. Berenang tidak hanya bermanfaat bagi penderita asma, tetapi juga dapat membantu meningkatkan volume paru-paru, dan dapat bermanfaat untuk teknik pernapasan olahraga berenang (seperti latihan beban dan lari).



Tunjukkan fleksibilitas tubuh

Gym atau mesin olahraga biasanya hanya berfungsi di area tubuh tertentu, tetapi berenang memungkinkan Anda untuk menggunakan semua bagian tubuh secara bersamaan. Dalam gaya berenang, umumnya perlu untuk menggerakkan lengan dan kaki dengan sangat. Ini melatih fleksibilitas tubuh Anda.


Tenang dan kurangi stres

Berenang dapat meningkatkan nutrisi endorfin dalam tubuh untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa berenang memiliki efek "santai" yang sama dengan yoga. Gaya berenang juga membutuhkan gerakan lebar yang sama seperti yoga. Selain membantu meningkatkan endorfin, latihan ini juga dapat digunakan sebagai media meditasi.


Dapat berolahraga untuk waktu yang lama tanpa merasakan nyeri otot


Karena massa air agen bola terpercaya lebih besar daripada massa udara, Anda akan merasa bahwa tubuh Anda ringan saat berada di dalam air. Inilah sebabnya mengapa berenang adalah rekomendasi dokter untuk orang dengan cedera otot dan obesitas. Berenang adalah alat terapi untuk otot yang terluka tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Berenang juga merupakan olahraga yang tidak menyebabkan nyeri otot (misalnya, saat mengangkat beban). Jika Anda bisa berenang di kolam air panas, sensasi terbakar di air akan membantu merilekskan sendi dan otot serta membantu mencegah cedera saat berolahraga, sehingga akan lebih efektif.



Pembentukan dan penguatan otot

Karena air 12 kali lebih padat daripada udara, berenang adalah latihan yang sangat efektif untuk melatih otot. Dengan berenang, Anda dapat melakukan latihan aerobik dan membentuk otot secara bersamaan. Berenang memiliki efek yang sama dengan mengangkat beban di pusat kebugaran. Satu penelitian juga menunjukkan bahwa berenang dapat memperkuat tulang, terutama bagi wanita pascamenopause.


Baik untuk jantung

Seperti olahraga umum, berenang juga diklasifikasikan sebagai olahraga aerobik yang membantu memperkuat jantung. Olahraga dapat membuat jantung lebih efisien ketika memompa darah ke bagian tubuh mana pun. The American Heart Association, American Heart Association, menemukan bahwa berenang selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi kejadian penyakit jantung koroner hingga 30-40%.


Menurunkan berat badan


Untuk beberapa alasan, orang berpikir berenang lebih sulit menurunkan berat badan daripada olahraga lainnya. Mereka pikir lebih sulit membakar kalori di dalam tubuh karena suhu air lebih rendah daripada suhu udara. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa berenang adalah salah satu olahraga yang paling banyak mengonsumsi kalori dan sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Jika Anda terus berenang selama 10 menit tanpa henti, Anda dapat mengonsumsi 60 kalori untuk gaya dada, 100 kalori untuk gaya bebas, dan 150 kalori untuk gaya kupu-kupu (kekuatan tergantung pada kekuatan).




Baca juga selanjutnya : Sejarah Dan Difinisi Olahraga Bola Basket 




Turunkan kadar kolesterol "jahat"

Berenang telah terbukti menjaga keseimbangan antara kolesterol "baik" dan "buruk" dalam tubuh. Latihan ini dapat meningkatkan kolesterol "baik" dan menurunkan kadar kolesterol "jahat" dalam tubuh. Untuk setiap peningkatan 1% dalam kolesterol "baik", risiko penyakit jantung dapat dikurangi sebesar 3,5%.



Kurangi risiko diabetes

Menurut sebuah penelitian, risiko diabetes berkurang sebesar 6% untuk setiap 500 kalori yang terbakar setiap minggu dengan berolahraga. Menggunakan gaya bebas berenang 20 menit 3 kali seminggu mengurangi risiko diabetes sebesar 6%. Menurut American Diabetes Association, American Diabetes Association, penderita diabetes perlu berolahraga 150 menit setiap minggu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maanfaat Dari Olahraga Lompat Tali Setiap Hari

Melewati adalah salah satu olahraga paling populer dan sering dilakukan di komunitas yang lebih luas. Salah satu daya tarik olahraga ini ad...